‘blok’ iklan dengan file hosts.txt

Sekedar posting ulang apa yang pernah saya posting beberapa tahun yang lalu ke milis internal.

Mungkin sudah banyak yang tahu, tp sekedar sharing saja. Mungkin banyak yang merasa jengah saat browsing (misal baca detikcom) dengan adanya banyak iklan di tiap halaman web.
Bagi yang menggunakan Firefox biasanya hal ini diatasi dengan install adds-on ABP (Add Block Plus).
Tapi akhir2 ini Firefox versi baru gw rasa kurang stabil dan berat, gw pribadi akhirnya lebih sering pakai Google Chrome atau Safari 4.  Gw lihat tampaknya banyak yg pada pake Chrome juga, makanya gw sekedar sharing disini.
Masalahnya ABP ini  belum ada versi untuk Chrome atau Safari. (update: sekarang sepertinya sudah ada).
Salah satu solusi adalah dengan trik file hosts.txt.
.
Idenya adalah membuat PC kita mengenali bahwa domain2 situs asal iklan (misal ads.kompas.com) sebagai IP localhost -komputer kita sendiri- (127.0.0.1) dengan informasi dari file hosts.txt, jadi browser tidak akan menampilkan iklan tsb.
fact: Sistem operasi kita (Windows misalnya) akan melihat isi file hosts.txt ini dahulu sebelum bertanya kepada DNS server.
.
Lansung saja, INTI-nya:
Ganti saja (atau lebih disarankan diedit saja, tambahkan isinya, dengan notepad) file: C:\Windows\System32\drivers\etc\hosts.txt C:\Windows\System32\drivers\etc\hosts (*thx romdhoni sudah meralat)
atau kalau *Nix (misal Linux) di  /etc/hosts
dengan file hosts.txt yang gw attach di email ini. (rename menjadi hosts, tanpa extension. Buka folder options > View, hilangkan hilangkan penanda pada Hide Extension …)  Yang ada di link di bawah ini.
.
.
Tidak perlu melakukan reboot OS, karena perubahan akan otomatis direspon (untuk Windows diatas 9X).  Biar lebih cepat perlu reboot browser karena browser secara default memiliki dns cache dg nilai waktu tertentu.
.
Tambahan:
File hosts.txt (saya beri extension .txt biar kalau ada yg download browser akan mengenali sebagai file text dan bukan binary file dan bisa dilihat preview-nya) sudah sedikit saya update untuk blok iklan dari beberapa portal berita populer Indonesia dan iklan pada Yahoo Messenger.
Jangan lupa backup file asli-nya dan rubah namanya misal menjadi hosts.bak jika nanti ingin dikembalikan seperti semula.
Caveat: Entah karena ‘memblok’ domain mana (saya belum cek) menyebabkan tidak bisa mengakses web (mencari jadwal/tiket ) Turkish Airlines (http://www.turkishairlines.com/en-INT/index.aspx). Workaround: gunakan file asli hosts ketika akan mengakses web tsb.
.
Gw g ada maksud jelek sama sekali (misal untuk spoofing dns :P), kalau ga percaya silakan cek sendiri file yg gw attach, lihat pemetaan IP ke domain yang ada cuma ke 127.0.0.1 (ga ada ke IP lain di Internet). Insya Allah aman2 saja.
Kalau mendapat file hosts.txt dari sumber lain juga JANGAN LUPA CEK DULU (karena bisa2 halaman situs2 pribadi, misalnya internet banking, teman-teman diarahkan ke situs lain oleh oknum2 yang tidak bertanggung-jawab). PASTIKAN TIDAK ADA ALAMAT IP YANG ANEH (Biar aman, buat semua jadi ke 127.0.0.1).
.

Silakan dibandingkan sebelum dan sesudah melakukan langkah tadi. Tanpa iklan niscaya loading halaman web juga akan lebih cepat.
Kalau mau nambahin sendiri domain yang pengin diblok tinggal tambah sendiri dengan format:
.
127.0.0.1  alamat.domain.yg.ingin.diblok
.
Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “‘blok’ iklan dengan file hosts.txt”

Leave a comment